Tentang BAIT

Brilliant Al Fatih International Islamic Boarding School

Dewasa ini Pendidikan Pondok merupakan kebutuhan dan pilihan utama, karena rusaknya tatanan moral sosial, serta dampak dari sosial media, membuat orang tua harus berusaha lebih untuk mendidik anak anaknya. Konsep Boarding school merupakan pilihan yang tepat, dimana anak anak tidak hanya belajar di kelas, namun mereka belajar kemandirian, sosialisasi, management waktu dan lainya secara tidak langsung dalam kehidupan di asrama. Selain itu adanya kontrol yang dilakukan secara intensif di boarding menjadikan pendidikan karakter dan pembinaan mental menjadi lebih terarah dan kondusif. BAIT merupakan sekolah Bertaraf internasional yang menggunakan kurikulum cambridge (dalam proses) untuk pembelajarn umum, dan kurikulum yang mengacu pada kurikulum madinah.Kami berusaha mencetak generasi yang profesional yang memiliki integritas dan intelektual Kami menyediakan dua kurikulum internasional, program cambridge untuk pendidiakan umum, dan program pendidikan berstandar madinah untuk pendidikan agama. Kenapa kami berikan dua pilihan ini? Karena kami sadar potensi dan kemampuan setiap anak berbeda. Kami yakin anak anak tidak bisa dipaksakan untuk belajar semuanya dalam satu waktu, dan mahir dalam segala bidang. Selain dua kurikulum tadi, siswa dibekali dengan muatan kurikulum nasional, dan pondok. Untuk pendidikan Pondok kita berikan pendidikan alquran mulai dari tahsin, tahfidz dan murojaah sebanyak 5juz untuk 3 tahun pendidikan.

Visi

Menjadi sekolah Terdepan bertaraf Internasional dalam menciptakan Pemimpin berjiwa

kesatria, berakhlaq mulia, berlandaskan Al-Quran dan Sunnah untuk menggapai Ridho Allah

Misi

Membentuk karakter sesuai dengan Sunnah dan Sirah Rasulullah serta para sahabat sebagai Teladan.

Memberikan Pendidikan bertaraf Internasional yang sesuai dengan Nilai nilai bangsa dan Agama.

Menumbuh kembanhkan nilai nilai Kepemimpinan yang Rabbani Memberikan Pendidikan Quran dan Sunnah sesuai dengan Pemahaman Salafus shalih

Kurikulum

Kurikulum Internasional yang digunakan di BAIT adalah kurikulum Cambride, Madinah dan kurikulum DIKNAS, yang dikolaborasikan menjadi kurikulum Pondok Khas BAIT. Saat ini kami sudah bekerja sama dengan Cambride untuk Pelaksanaan kurlikulum pendidikan di Sekolah, sebagai komitmen kami untuk memberikan pendidikan bertaraf Internasional. Untuk Program Diniyah kami adakan program belajar selama satu bulan, di Universitas Islam Madinah, untuk pendalaman bahasa Arab Serta Ilmu Ilmu dasar Sya’ri. Ditambah kami akan daftarkan siswa dan siswi untuk belajar secara Oline ke Halaqoh Qur’an dan Hadist di Masjid Nabawi, yang akan mendapatkan sertifikat resmi dari Masjid Nabawi dan dari Lembaga pendidikan Bahasa Arab UIM Madinah Arab Saudi. Selain itu siswa akan dibekali dengan Ijazah Negara yang dikeluarkan oleh Kemendikbud karena kami berada dibawah naungan Dinas Pendidikan, (tidak menginduk ke sekolah lain).

Al-Quran

Untuk pendidikan Al-Quran, siswa diberikan Pendidikan berupa Tahsin, Tahfidz, Muroja’ah serta tafsir global untuk juz yag dihapal, kami targetkan setiap siswa mampu menghapal 5 juz mutqin dalam 3 tahun.

Hadist

Kami sediakan Juga Program Menghapal hadist Hadist Pendek seputar Adab dan Adzkar yang disusun oleh Ulama Madinah Syekh Abdul Muhsin Bin Muhammad Al-Qosim Bliau Imam dan Khatib Masjid Nabawi sekaligus Pendiri Halaqoh Quran dan Hadist Di masjid Nabawi. Insya Allah dibekali dengan sertifikat Resmi dari Masjid Nabawi.

Sirah

Untuk Akhaq dan Adab kami melakukan pendekatan dengan materi pendalaman dari Sirah Nabawiyah, karena ia merupakan Rasulullah ﷺ sebaik baik teladan, serta bentuk aplikasi daripada Alqura dan Sunnah yang terbaik. Kami realisasikan dengan pemebekalan materi, kemudian pembuatan journal sirah serta simulasi dan praktek dalam kegiatan sehari hari.

Bahasa

Bahasa yang digunakan sehari hari dalam dan luar kelas adalah bahasa Arab dan Inggris, agar siswa menjadi pribadi yang lebih siap dalam menghadapi tantangan global, selain itu kami adakan club club bahasa peminatan lainya seperti, Mandarin, Jepang, Prancis, dan lainya.

Olahraga

Kami menyediakan beberapa fasilitas Olah raga yang cukup Lengkap dan refresentatif, Seperti Lapangan Futsal, Basket, Kolam Renang, Jaguzi, fitnes center, Joging trak dan olah raga lainya.

Ekskul

Eskul kami bagi menjadi dua, eskul wajib yaitu Berenang, Memanah, berkuda dan bela diri, yang kami bagi menjadi 3 tahun. Serta eskul eskul lainya yang kami akomodir sesuai dengan minat dan bakat siswa, dimana sekolah sebagai fasilitator dan mediator.

Fondation

Merupakan program selama tiga bulan, dimana siswa dibekali dengan bekal kemandirian belajar guna terlaksananya aktiv learning. Materi yang difokuskan pada beberapa hal yaitu, Bahasa Arab, Inggris, Leadership, Pembangunan karakter berbasis sirah Nabawiyah, sains dasar, meta learning.

Time Capsul

Sedari awal anak diminta untuk memilih cita cita berupa profesi atau sosok yang ingin mereka capai, misal sebagai Dokter, Tentara, Ilmuan atau ulama, lalu mereka diminta untuk menuliskannya di secarik kertas dan dimasukan kedalam toples kecil , lalu disimpan diruang kepala sekolah, agar siswa memiliki tujuan yang jelas sedari awal.

The Calling

siswa diminta menuliskan masalah yang mengahalangi kesuskesa mereka di sebuah papan kayu, kemdian dipatahkan dan dibakar. mereka diberikan pemahaman, bahwa mereka terlahir menjadi pribadi yang baru yang siap menyosong masa depan. Diharapkan siswa mampu memenuhi panggilan hati yang terdalam untuk menjadi pribadi yang sukses.diajarkan berani bermimipi duduk melingkar, refleksi, minta maaf kepada orang tua ,siap yang berjasa, apa tujuan , cita cita.

Research Based School

Dalam membentuk generasi pencipta yang mampu berpikir kritis dan inovatif, sekolah menjadi wadah dalam membantu pengembangan karakter siswa menuju siswa berbudaya riset. Siswa dituntut untuk berperan aktif dalam mengelola permasalahan di sekitarnya sehingga mampu memberikan pemecahan masalah yang tepat dan bermanfaat. Untuk menfasilitasi setiap penuangan ide tersebut, sekolah membentuk Dewan Riset Sekolah (DRS). Hal ini dimulai di bulan pertama siswa diminta untuk mengamati lingkungan sekitar dan mencari masalah serta menemukan solusinya untuk dijadikan embrio penelitian mereka selama kurang lebih 2 tahun , untuk kemudian ide ide itu di kembangkan dan dipliah di DRS.

Gerakan Literasi Sekolah

Setiap hari selasa siswa wajib membaca secara pelan 1 buku berbahsa Indonesia dengan tema bebas, rabu mereka membaca literasi berbahasa Arab, Kamis berbahasa Inggris, Jum’at berbahasa Sunda, dan sabtu untuk persentasi siswa yang sudah selesai membaca buku untuk menyampaikan ringkasan materinya juga melatih public speaking siswa. Durasi membaca selama 30 menit setiap hari kecuali hari senin karena untuk upacara.

General asembly (satu kali perbulan)

seperti liqo maftuh, kepala sekolah , guru dan siswa duduk di lantai agar ada makna kesetaraan, mereka bebas mengemukakan masalah, krikik dan saran, tanpa ada ancaman atau tekanan. 

contohnya: deklarasi siswa pacaran, anak menanyakan kenapa guru ini memberi banyak tugas, guru jarang masuk, hal ini dilakukan agar siswa memiliki kedekatan dengan guru, juga terbiasa mengukapkan pendapatnya serta mencari solusi bersama

Kunjungan Ispirasi

sekolah rutin mengundang tamu atau meminta tamu undangan untuk memberikan motivasi belajar dan hidup kepada siswa.

Mastery learning

Anak anak wajib memahami semua mapel secara tuntas, dan mengejar ketertinggalannya di luar jam kelas yang sudah disediakan.